Inilah Manfaat Mengenalkan Bahasa Inggris Pada Anak-anak

Ternyata mengenalkan Bahasa Inggris pada si kecil banyak manfaatnya lho, Ayah, Bunda. 

Apa saja sih manfaatnya?

1. Merangsang pertumbuhan otak anak

Otak anak pada usia dini mempunyai daya plastisitas yang tinggi, yaitu kapasitas otak anak dapat berubah dan beradaptasi dengan adanya rangsangan dari lingkungannya. Caranya adalah dengan belajar dan salah satunya adalah belajar Bahasa Inggris. Daya plastisitas otak mencapai puncaknya pada masa kanak-kanak. 

2. Memperkuat koneksi saraf

Saat belajar hal baru seperti belajar Bahasa Inggris, otak anak akan membentuk koneksi saraf yang baru. Koneksi saraf ini akan membantu meningkatkan memori otak anak. 

3. Meningkatkan fungsi kognitif anak

Perubahan pada otak anak karena rangsangan dari luar akan mendukung peningkatan fungsi kognitifnya. Anak mampu berpikir maupun berimajinasi dengan optimal serta mempunyai pengetahuan yang luas. Selain itu, anak juga akan mempunyai daya nalar, kreativitas, dan daya ingat yang tinggi jika dibandingkan dengan anak lainnya yang tidak mendapatkan stimulus yang baik sejak kecil.

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa anak-anak yang mempelajari lebih dari satu bahasa memiliki keterampilan kognitif yang baik seperti berpikir kritis saat terjadi masalah serta menemukan solusi untuk masalah tersebut dengan cepat. Keterampilan kognitif ini menjadi salah satu kunci kesuksesan di era globalisasi saat ini.

4. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak

Bahasa Inggris merupakan bahasa global yang digunakan di banyak negara di dunia. Dengan belajar Bahasa Inggris sejak dini, anak akan lebih siap dan mampu berkomunikasi dengan lebih banyak orang di dunia. Mereka bisa berkomunikasi dengan orang dari berbagai negara dan budaya tanpa kendala perbedaan bahasa ibu. Bahasa Inggris bisa menghubungkan anak dengan dunia luar.

5. Menyiapkan masa depan yang cerah untuk anak

Dengan belajar Bahasa Inggris, anak akan mempunyai kemampuan berbahasa Inggris yang baik di masa depan. Anak akan lebih mudah menempuh pendidikan selanjutnya yang mana sudah kita ketahui bahwa Bahasa Inggris adalah mata pelajaran wajib di jenjang pendidikan SMP dan SMA. 

Kemampuan berbahasa Inggris yang baik akan membuka banyak peluang baru di masa depan untuk anak seperti belajar atau bekerja di luar negeri. Bahkan, anak dapat menjelajahi dunia meskipun seorang diri. Banyak juga pekerjaan di dalam negeri yang membutuhkan pekerja dengan kemampuan berbahasa Inggris yang mumpuni, seperti koki di sekolah internasional, pemandu wisatawan mancanegara, dan translator dokumen. Saat kuliah pun, anak akan lebih mudah dan cepat memahami banyak jurnal berbahasa Inggris.

6. Menumbuhkan rasa senang belajar pada anak

Mengenalkan Bahasa Inggris pada anak usia dini akan menumbuhkan rasa senang belajar karena mereka selalu ingin tahu terhadap hal baru. Apalagi anak-anak lebih mudah mempelajari hal baru jika dibandingkan dengan orang dewasa karena kapasitas otaknya masih bisa berubah dan beradaptasi dengan baik.

7. Memperluas wawasan anak

Dengan bisa berbahasa Inggris, anak dapat mempelajari hal baru dengan lebih mudah. Banyak sekali informasi, cerita, maupun pengetahuan yang menggunakan Bahasa Inggris dalam penyampaiannya, baik dalam bentuk buku, majalah, podcast, maupun video. 


Cara mengenalkan Bahasa Inggris kepada anak tergantung cara parenting masing-masing orang tua. Tidak melulu cara orang lain cocok diterapkan kepada si kecil.  Kita bisa mengenalkan Bahasa Inggris kepada mereka dengan cara yang sederhana seperti bernyanyi, bermain, menggunakan gambar, mendengarkan cerita, maupun menonton video. Kita juga bisa menyelipkan beberapa kosa kata Bahasa Inggris saat mengobrol dengan anak. Selain itu, kita bisa mengajukan pertanyaan sederhana dalam Bahasa Inggris untuk memancing anak menjawabnya dengan Bahasa Inggris. Apakah harus dengan grammar yang benar? Tentu saja tidak. Fokusnya adalah anak bisa berbahasa Inggris. 

Jika merasa kesulitan mengenalkan Bahasa Inggris kepada si kecil, kita bisa mengikutkan si kecil kursus Bahasa Inggris. Banyak lembaga Kursus Bahasa Asing Anak di sekitar yang bisa kita pilih sesuai dengan budget dan ketersediaan waktu untuk mengantarkan si kecil ke tempat kursus tersebut. 

Bagaimana jika kita tidak mempunyai waktu luang untuk mengantarkan si kecil untuk kursus Bahasa Inggris? Ayah dan Bunda tidak perlu khawatir. Teknologi sudah semakin maju. Internet juga sudah murah. Sekarang banyak sekali Kursus Bahasa Inggris Anak Online dengan biaya yang terjangkau. Kita bisa menghemat waktu dan uang. Bahkan, kita bisa mendampingi si kecil belajar Bahasa Inggris secara online di rumah. 

Salah satunya adalah Cakap Kids Academy. Kepoin akun Instagramnya di sini untuk mendapatkan info lainnya, diskon, bonus, maupun coba kelas gratis. 

Lembaga kursus bahasa asing ini tidak hanya menawarkan kursus Bahasa Inggris, tetapi juga Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang, dan Bahasa Korea. Hanya saja untuk anak-anak atau junior, Cakap hanya menawarkan pilihan Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin. 


Kursus bahasa online junior ini dibuka untuk anak usia 4-12 tahun. Si kecil bisa belajar secara private atau semi-private sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing anak. Dengan memilih belajar private, si kecil bisa memilih tutor (guru) favoritnya. Kelas semi-private pun hanya terdiri dari 3-5 siswa. Kelas private maupun semi-private ini tersedia secara online maupun offline

Kelas online bisa diikuti oleh anak-anak dari berbagai wilayah di Indonesia. Jarak tentu saja bukan kendala untuk si kecil belajar Bahasa Inggris. Ayah dan Bunda bisa memantau langsung proses belajar dari rumah.

Ada banyak fasilitas yang didapatkan si kecil jika memilih kelas semi-private secara offline untuk kursus Bahasa Inggris. Fasilitas tersebut antara lain area bermain, materi dengan tema spesial, dan sesi kelas tambahan untuk konsultasi tugas maupun PR si kecil dari sekolahnya. Si kecil akan berinteraksi secara langsung dengan tutor dan teman-temannya. Hanya saja kelas offline ini baru tersedia di daerah Tangerang dan Jakarta.

Cakap Kids Academy menerapkan metode belajar EXPERT: Explore, Practice, dan Certify. Explore: si kecil akan mengeksplorasi materi kursus Bahasa Inggris dengan bimbingan langsung dari tutor yang tentu saja sesuai dengan level pembelajaran yang diambil. Practice: si kecil juga akan berlatih serta praktik langsung bersama dengan tutor dan teman-teman lainnya. Certify: setelah menyelesaikan setiap level, si kecil akan mengikuti ujian akhir untuk mendapatkan sertifikat.

Sumber: https://cakap.com/kids-academy/

Tutor-tutor yang mengajar di Cakap pun merupakan orang-orang yang memenuhi kualifikasi dengan kemampuan mengajar bahasa Inggris lebih dari 5 tahun sehingga kita tidak perlu ragu untuk mengikutkan anak kursus Bahasa Inggris di Cakap

Apa saja sih manfaat yang bisa didapatkan dengan kursus Bahasa Inggris di Cakap Kids Academy

1. Pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan sehingga si kecil tidak akan cepat merasa bosan
2. Menggunakan media dan teknologi yang bervariasi dalam pembelajaran sehingga si kecil lebih mudah dalam memahami materi
3. Ada bimbingan akademik untuk membantu perencanaan belajar si kecil
4. Kemajuan si kecil dalam belajar Bahasa Inggris akan dipantau di setiap akhir sesi kelas
5. Mendapatkan sertifikat setelah menyelesaikan setiap level pembelajaran sehingga si kecil menjadi lebih bersemangat untuk menyelesaikan level berikutnya

Ada 31 level pembelajaran untuk kursus Bahasa Inggris anak. Setiap level selesai dalam waktu 3 bulan.

Program pembelajaran Bahasa Inggris yang akan dipelajari oleh si kecil bisa Ayah dan Bunda cek di link ini. Materinya lengkap sesuai dengan tahapan umur si kecil atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan si kecil. Si kecil akan dikenalkan dengan Bahasa Inggris dari materi yang paling dasar seperti mendeskripsikan warna, bagian tubuh, dan menghitung angka 1-10.

Tampilan Cakap - Belajar Online di Google Play Store

Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut maupun mencoba kelas Bahasa Inggris, Ayah dan Bunda bisa mengakses situs Cakap atau mengunduh aplikasi Cakap - Belajar Online di Google Play Store (untuk HP Android) atau App Store (untuk Iphone). Ayah dan Bunda bisa log in menggunakan akun Google atau Facebook kemudian lengkapi data pribadi. 

Klik link berikut untuk daftar Cakap: https://go.cakap.com/referral/Dq9Ci6hqVzKEvcns7

Dapatkan diskon 15% untuk kursus Private dengan pakai kode ini: NURCKPSQ9PWUE di Aplikasi Cakap - Belajar Online.

Posting Komentar untuk "Inilah Manfaat Mengenalkan Bahasa Inggris Pada Anak-anak"